loading...
loading...
loading...

Hong Kong di hebohkan dengan pesan berantai di whatsapp yang menyebutkan jika pekalan kaki yang menyebrang sembarangan bisa dikenai denda sebesar HKD 2000, padahal denda sebelumnya adalah HKD 300.

Pesan tersebut berawal saat dari peristiwa yang terjadi pada hari selasa 10 juli 2018 kemarin saat ada petugas kepolisian yang terekam dan menangkap seorang pejalan kaki yang tidak mematuhi aturan lalu lintas.

Seorang juru bicara dari kepolisian tidak membenarkan adanya rekaman video, tetapi ia menegaskan bahwa keselamatan para pejalan kaki memang sedang menjadi salah satu prioritas utama operasi kepolisian tahun ini.
[ads-post]
"Mulai jam 9 pagi ini (10 Juli), di setiap sudut jalan, di setiap penyeberangan jalan, akan ada petugas polisi berseragam. Di setiap jembatan penyeberangan juga akan ada petugas polisi berseragam yang membawa kamera video.

Tujuan mereka untuk menangkap para pejalan kaki yang tidak mematuhi rambu-rambu saat menyeberang jalan. Berhati-hatilah, jangan menyeberang jalan dengan cara yang tidak teratur (Anda akan) direkam dan ditilang," begitu bunyi pesan bernada peringatan yang beredar.

Menanggapi pesan peringatan tanpa sumber jelas tersebut, juru bicara kepolisian mengatakan, "model kerjasama multi-institusional akan diadopsi untuk terus meningkatkan keselamatan para pejalan kaki, yakni melalui partisipasi publik (advokasi dan pendidikan) dan penegakan hukum secara aktif. Para pejalan kaki diharapkan untuk menggunakan fasilitas penyeberangan bagi pejalan kaki dan mematuhi peraturan lalu lintas saat menyeberang jalan."

Data statistik kepolisian mengungkapkan bahwa aparat penegak hukum pada tahun lalu telah mengambil tindakan terhadap 14.915 pejalan kaki yang gagal mematuhi lampu lalu lintas.

Menurut peraturan lalu lintas jalan (Traffic Control Regulation), tidak ada pejalan kaki yang boleh menyeberang jalan di luar area zebra cross. Para pengguna jalan seharusnya tidak menyeberang ketika berada dalam jarak 15 meter dari lampu persimpangan lalu lintas atau ketika tidak sedang menggunakan jembatan penyeberangan dan tidak ada lintasan bagi pejalan kaki agar tidak ditangkap atau berurusan dengan petugas pengawas jalan yang sedang berpatroli.

Menurut peraturan resmi terbaru, para pengguna jalan dilarang melanggar rambu-rambu lalu lintas dengan alasan apapun atau bisa dikenai denda maksimal sebesar HK$2000.

(Sumber: The Standard)

Heboh Pesan Berantai Mengenai Pelanggaran Penyebrangan Jalan.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.